Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Dalam kesempatan kali ini kami akan share tentang FB Service terutama bagi seorang waiter atau waitress:
sebagai seorang waiter/ress hal pertama yang mereka harus persiapkan ialah:
-Kesehatan Pribadi (Personal Hygiene)
Kesehatan Pribadi ini sangat diperlukan sebagai seorang waiter/ress sebab para mereka para waiter/ress akan berhadapan langsung dengan para tamu restaurant. Dalam hal ini personal hygiene ada dua yaitu kesehatan jasmani dan kesehatan rohani.
-Mengetahui Tentang Tata Hidang dan Tata Layan
Tata hidang dan tata layan adalah hal wajib yang harus dikuasai betul oleh para waiter/ress sebab dalam menangani tamu, sebab mereka harus melakukan kordinasi yang tepat dengan para pelayan restauran baik dalam hal menata maupun menyajikan makanan dan minuman. Oleh sebab itu para waiter/ress setidaknya faham betul mengenai: Organisasi Chart (Tentang Struktur Organisasi), Equipment (Alat-alat), Menu (Tentang Makanan dan Minuman), Table Set-up(Cara Menata Meja), Service Sequence (Urutan Pelayanan) Type of Service (Macam-macam Pelayanan) dan Taking Order (Cara Mengambil Pesanan).
Dalam pengalaman penulis pribadi saat menjalani job training di Quds Royal Hotel Surabaya sebagai Waiter dia mendapatkan berbagai disiplin ilmu yang mungkin sulit didapat hanya dengan memahami teori saja, karna pada dasarnya praktek ke lokasi adalah hal yang sangat penting untuk menyempurnakan teori-teori yang telah kita pelajari.
Disana (Quds Royal Hotel) timingnya dibagi menjadi 3 shift. untuk shift pertama dimulai dari jam 06:00 AM-02-00 PM tugas waiter/ress disini berperan dalam menghandle breakfast tamu yang buka mulai dari jam 06:00-10:00 AM. selanjutnya shift kedua dimulai dari jam
Dalam melayani tamu hal yang perlu diingat ialah harus bersikap sopan dan ramah kepada tamu atau pengunjung, sambut tamu dengan sopan dan ramah, selalu menampakkan raut waja yang senang dengan sedikit senyuman.
Apabila ada complain andalah yang harus meminta maaf dalam bagai manapun keadaannya, usahakan selesaikan masalahnya dengan segera, apabila anda mendapatkan sedikit kesulitan dalam menyelesaikan masahnya segeralah memanggil senior anda.Selalu berkata dengan kata-kata yang sopan kepada tamu seperti permisi, silahkan, terimakasih dan lain-lain. jangan lupa untuk mengajak pengunjung untuk kembali ke restaurant dengan tetap mendahulukan rasa hormat dalam mengajak.
Sedikit tentang hal-hal yang perludiketahui di Food & Beverage Department.
Restaurant Staff:
- Restaurant Manager
- Assistant Restaurant Manager
- Headwaiter
- Captains
- Receptionists
- Butler (Sommelier)
- waiter/ress
- Bus Boy/Girl
Equipment:
- Furniture
* Trolley
* Table
* Cashier Counter
- Glass Wares
* Water Goblet
* Juice Glass
* Wine Glass
- Chine Wares
* Plate
* Cup
* Soucer
- Silver Wares
* Spoon
* Fork
* Knife
- Linen Wares
* Table Cloth
* Napkin
* Duster
Demikianlah sekilas tentang Food & Beverage Department. Semoga tulisan singkat ini dapat membantu para pembaca yang budiman dalam mencapai karir anda. tak pernah lupa keritik dan saran yang membangun selalu penulis nantikan. Terakhir sampai jumpa dan terima kasih banyak.
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
Kediaman Putro Nugroho: Food & Beverage Department; Tutorial Menjadi Seorang Waiter atau Waitress "Pengalaman Menjadi Seorang Waiter di Quds Royal Hotel Surabaya" |
0 komentar:
Posting Komentar