Home » , , , , , , , , , , , , , , » Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir.

Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir.

Written By kediaman Putro Nugroho on Jumat, 20 Februari 2015 | 19.06

Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir. Kediaman Putro Nugroho
Hi....
Kembali lagi bersama saya Putro Nugroho :)
Pada edisi kali ini saya bakalan share tentang ... Eeeeeehmm.... yaah tenang Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir.
Perlu diingat, bawa ini adalah cerita tentang sedikit pengalaman pribadi. heeee :)
Pada dasarnya menjadi seorang pelaut, terutama di kapal pesiar adalah hal yang menjanjikan, dengan pendapatan yang berbentuk Dollar serta pengalaman keliling dunia maka tak diragukan lagi banyak piyak yang ingin bekerja dikapal pesiar.
Naahhh.,.,., sekarang pertanyaannya adalah? bagaimana cara kita bisa menjadi seorang pelaut?
Pertama yang agan harus perhatikan ialah ijasah.
- Agan minimal harus lulusan SMA/Sederajat.
- Selanjutnya sarat dasarnya agan harus mengikuti training dasar atau yang sering dikenal dengan Basic Safety Training (BST). Disini agan akan diajari bagai mana dasar2 kapal dan peraturannya, bagaimana mengatasi jika ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan bagai mana menggunakan alat-alat pelindung yang dibutuhkan.
- Terus agan juga harus mempunyai Sertifikat Hotel baik itu Training, Casual atau Daily Worker minimal 6 bula. Namun semuanya juga tergantung ketentuan Agent Kapal Masing-masing (berapa lamakah pengalaman kerja yang harus dijadikan persaratan).

Setelah sarat dasar itu sudah ada maka agan sudah siap mengajukan lamaran pekerjaan ke Agent Kapal pesiar sesuai keinginan.
- siapkan dokumen-dokumen seperti Job Application, CV, Foto Copy KTP, SKCK, KK, Sertifikat Hotel, Ijasah, BST, foto 3x4 dan PassPort (kalo sudah punya).
- Agan akan mengikuti interview pertama dengan Human Resort Department (HRD) di Kantor Agent Kapal Pesiar. dalam hal ini agan akan ditanyai mengenai profil agan, pengalaman kerja, serta menguji bahasa inggris agan. perlu diingat bahwa semakin agan menguasai bahasa inggris dengan baik maka semakin besar pula peluang agan untuk mendapankan pekerjaan ini. so keep spirit :)
- Test Marlin. kebanyakan agan akan disuruh melakukan test marlin sebelum dapat mengikuti interview selanjutnya (user). setiap kapal atau department mempunyai nilai minimal sendiri-sendiri. ada yang 65, 70, 75 dan sebagainya. marlin test terdiri dari 50 soal dengan kategori berbeda-beda dan harus diselesaikan dalam waktu 30 menit.
- jika semua diatas sudah agan penuhi, maka agan tinggal nunggu interview USER. interview kali ini agan juga bakalan ditanya seputar profil agan, pengalaman kerja dan sebagainya.
- setelah interview user tahapan selanjutnya terbilang lebih cepat. agan tinggal nunggu Latter of Employee (LOE), mengajukan Visa (sesuai negara tujuan), Medical Check Up. dan brangkat. :
* perlu diingat, biaya bervariatif tergantung dari kapal apa anda diterima, perusahaan, posisi dan sebagainya.

Terakhir, sekian dari penulis tentang Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir., semoga apa yang penulis share bisa bermanfaat dan membantu agan-agan sekalian.
kritik dan saran yang bersifat membantu dan membimbing selalu penulis harap dan nantikan :)

Kerja Di Kapal Pesiar: Proses Awal Interview Sampai Tahap Akhir. Kediaman Putro Nugroho

Twitter: @pnsh_02
Facebook: Putro Nugroho Sosro Hamiharjo
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Putro nugroho. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kediaman Putro Nugroho - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger